Jagalah Islammu Wahai Muslim

                       Hasil gambar untuk murtad
                       Sumber gambar  : www.voa-islam.com

Muslim, adalah orang yang beragama islam, dan tetap mengikuti aturan agama islam, baik dalam urusan perkataan dan perbuatan semua telah diatur dalam agama.
Tapi tidak sedikit seorang muslim malah terpeleset dalam urusan perkata'an, yang sekarang di anggap sepele. Padahal hal sepelelah yang terkadang membuat seseorang fatal dalam menjaga agamanya.
Terlebih wajib kesetiap seorang muslim baik lelaki atupun perempuan adalah menjaga keislamannya, menjaga dari perbuatan yang meruksak, membatalkan, dan memutuskan keislamannya, yaitu menjaga dari murtad. Untuk itu kita tetap berlindung kepada allah dari urusan kemurtadan.
Dijaman sekarang banyak sekali orang-orang yang menggampangkan dalam perkata'an, sehingga keluar dari perkata'annya itu ucapan yang mengeluarkan dia dari agama islam, dan tidak menyakini apa yang dia ucapkan adalah sesuatu dosa besar dari perkara kufur, untuk itu kita sebaiknya lebih berhati- hati dalam perkata'an.
Oleh ulama, Murtad dibagi menjadi 3 (tiga), murtad dalam keyakinan, perbuatan dan perkata'an. Dan setiap bagian dari tiga tadi mempunyai cabang.

  1. Setengah dari murtad kenyakinan ialah syak (mang-mang) kepada alloh, kepada rosul alloh, qur'an, hari akhir, surga, neraka, pahala, siksa dan perkara lainnya yang sudah disepakati oleh para ulama seperti isronya kangjeng nabi dari masjidil harom kemasjidil aqso, semua itu harus 100% yakin tanpa mang-mang sedikitpun, contoh syak/mang-mang sepeti ucapan seseorang berbicara dalam hatinya ; benarkah ada alloh ? atau benarkah surga ada ?, nauzubillah tadi itu adalah gambaran orang yang murtad dalam i'tiqad/keyakinan. Atau berkeyakinan bahwa alloh tidak bersifatan, sifat yang sudah wajib kepada alloh, atau menggambarkan alloh mempunyai jasad, atau menghalalkan perkara haram seperti menghalalkannya zina, homo, membunuh atau mencuri. Atau mengharamkan perkara halal seperti nikah, dll. semua itu adalah keyakinan yang menjerumuskan kita kepada kemurtadan.
  2. Murtad dalam perbuatan, ialah seperti sujud kepada patung, matahari atau kepada mahluk. Tetapi bagaimana malaikat yang diperintahkan sujud kepada nabi adam oleh alloh yang di abadikan dalam alqur'an? Itu berbeda, sujudnya malaikat kepada nabi adam AS, bukan sujud sepeti halnya pada solat, melainkan ruku yang disebut sujud untuk menghormati nabi adam AS, maka untuk menafsir Al-qur'an jangan seenaknya saja, mengkajilah kitab tafsir atau 12 bidang ilmu.  
  3. Murtad perkata'an, murtad ini banyak sekali, jadi kita mengambil sebagian saja. Murtad dalam perkata'an seperti seseorang kepada seorang muslim "memanggil kafir, yahudi, atau nasroni. atau menghinakan nama alloh dari nama-nama agungnya alloh SWT, menghinakan / meremehkan pengancam alloh sebagai mana alloh SWT akan menyiksa orang yang tidak melaksanakan perintah alloh SWT, tapi dia berkata, "seandainya alloh memeritahku, aku tidak akan  mengikuti perintahnya", atau berkata "seandainya alloh menyiksaku karena aku meninggalkan solat yang mana aku sedang sakit, maka alloh SWT itu zholim kepadaku". Nauzubillah itu adalah perkata'an murtad yang mengeluarkan kita dari islam. maka berhati-hatilah dalam berkata, dan jangan merasa kita mulya dihadapan alloh SWT.


Semua yang telah tertulis di atas dijaman sekarang telah banyak di perbuat oleh sebagian orang muslim, semoga kita senantiasa dijaga dari pada kemurtadan itu oleh Alloh SWT. amin

(Sumber dari kitab Sulamul Taufiq)

Comments

Popular posts from this blog

KAJIAN SAFINAH ANNAJAH (1) : ARTI HURUF BA (BI) BASMALAH Oleh Masaji Antoro

PENGERTIAN /TA'RIF IMAN

Perbedaan Haji Dan Umroh